Operasional kantor : Senin - Jumat Pkl. 08.00 - 17.00 WIB, online Senin - Jumat 24 jam
Tanggal
02 11-20
24

PELATIHAN DAN KOMPETISI TIK NASIONAL SECARA DARING BAGI DISABILITAS DALAM RANGKA TRANSFORMASI DAN INKLUSI DIGITAL

berita-1

2 November 2020


Pandemi Covid-19 telah mendesak perubahan pola hidup manusia untuk lebih banyakberaktivitas di ruang digital. Pemerintah melalui program transformasi digital berupaya menginklusikan seluruh lapisan masyarakat dalam pembangunan termasuk disabilitas. Dalam rangka meningkatkan literasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi(BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menyelenggarakan Pelatihan dan Kompetisi TIK Nasional secara Daring bagi Disabilitas d 34 propinsi di Indonesia. Berikut informasi atas kegiatan tersebut


1   Peserta (penyandang disabilitas) dan instruktur (penyandang disabilitas atau nondisabilitas yang memenuhi kriteria) mendaftar secara mandiri melalui link
  a) Link pendaftaran peserta : reg.baktikominfo.id/peserta (s/d4 November 2020)
  b) Link pendaftaran instruktur : reg.baktikominfo.id/instruktur (s/d 30 Oktober 2020)
    Dalam hal terdapat kendala teknis, peserta dapat mengirimkan secara mandiri atau kolektif
    dokumen pendaftaran ke email inklusidigital@baktikominfo.id dan panitia dapat menghubungi peserta maupun instruktur bila terdapat kekurangan dokumen.
    Hasil seleksi peserta dan instruktur adalah kewenangan panitia dan tidak dapat diganggugugat. Kewajiban, hak, prosedur, kategori, kaidah, dan tata terbit kegiatan akan dikirimkan melalui email atau nomor handphone kepada peserta yang lulus seleksi.
2   Kegiatan ini mencakup empat bidang TIK, yaitu:
  a) E-Commerce
  b) Desain 2D
  c) Excel
  d) Google Sheet & Google Form
3   Satu (1) peserta hanya dapat mengikuti satu (1) bidang pelatihan. Peserta pelatihan
    diperkenankan untuk tidak mengikuti kompetisi. Seluruh peserta kompetisi wajib mengikuti proses pelatihan dengan minimal jam pelajaran (JP) yang diikuti adalah 15 JP dari total 18 JP. Dalam seluruh proses pelatihan dan kompetisi, video dalam Zoom dalam posisi menyala. Panitia menyediakan paket data untuk pelatihan dan kompetisi bagi peserta.
4   Pelatihan dan kompetisi ini menjangkau 34 provinsi di seluruh Indonesia. Kategori khusus akan diberikan kepada peserta dari daerah-daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T). Panitia akan mengumumkan seluruh kategori kompetisi setelah pelaksanaan pelatihan.
5 Pelatihan dan Kompetisi TIK Nasional secara Daring bagi Disabilitas akan diselenggarakan selama lima (5) hari pada tingkat provinsi dengan pembagian durasi, tiga (3) hari pelatihan dan dua (2) hari kompetisi. Seluruh peserta terikat dengan kaidah dan tata tertib yang ditetapkan oleh Panitia. Berikut pembagian tahapan jadwal pelaksanaan kegiatan: 



6 Surat ini merupakan undangan dan pemberitahuan bagi seluruh instansi/lembaga baik yang terlampir maupun yang tidak terlampir di dalam surat ini, kami mengundang seluas-luasnya partisipasi masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini. 
7   Untuk informasi dan keterangan dapat menghubungi :
  a) Nur Gunawan (0821 1119 7779)
  b) Echi Pramitasari (0899 8153 443)
  c) Gading Putri Azhari (0813 1560 4919) 
8   Kami mengundang rekan-rekan untuk mengikuti dan membagikan pengalaman dan harapan pada Instagram @inklusidigitalbakti dan Twitter @inklusidigitalbakti
9   Panitia tidak memungut pembayaran dalam seluruh proses kegiatan ini.



Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu dalam mendukung transformasi digital Indonesia dan peningkatan kompetensi disabilitas, kami ucapkan terima kasih.



Direktur Sumber Daya dan Administrasi


Fadhilah Mathar



Artikel Media

Siaran Pers