Announcement

10 JENIS KOMUNIKASI DARING, ANDA BIASA PAKAI YANG MANA?

10 Jenis Komunikasi Daring, Anda Biasa Pakai yang Mana?

Teknologi yang semakin berkembang ternyata sangat berdampak positif pada sektor komunikasi. Ingin berinteraksi dengan orang yang berjarak ribuan kilometer pun kini sudah bukan masalah lagi. Coba bayangkan, pada zaman dulu komunikasi hanya mengandalkan surat yang dikirim dengan tenaga manusia yang membutuhkan waktu berhari-hari untuk bisa sampai di tujuan. Belum lagi saat harus menerima balasannya, masih harus menunggu lama lagi.

Kini komunikasi jarak jauh pun semakin mudah berkat kehadiran internet. Jenis komunikasi menggunakan media internet ini disebut juga dengan komunikasi daring. Ternyata jenis komunikasi ini terbagi dalam dua tipe dan memiliki banyak jenis. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini:

Tipe Komunikasi Daring

Komunikasi daring terbagi dalam dua tipe, yaitu:

  • Komunikasi Sinkron (Serempak): adalah komunikasi yang dilakukan pada waktu yang bersamaan (real time) memakai media perantara berupa komputer, smartphone, atau alat sejenisnya.
  • Komunikasi Asinkron (Tidak Serempak): adalah jenis komunikasi yang dilakukan pada waktu yang berlainan.

Jenis-jenis Komunikasi Daring

Berikut adalah jenis-jenis komunikasi daring yang sering dipakai di kehidupan sehari-hari:

1. Komunikasi Sinkron Chat

Jenis komunikasi sinkron chat bisa dibilang menjadi cara berkomunikasi yang sudah umum dilakukan oleh sebagian besar orang. Komunikasi dilakukan dengan pesan berbentuk tulisan yang dikirim ke lawan bicara. Diawali dengan SMS (Short Message Service), kini pengguna bisa berbicara (chatting) dengan platform yang menyediakan jasa komunikasi obrolan yang bisa digunakan di smartphone dan komputer. Beberapa jenis aplikasi chat yang umum digunakan antara lain WhatsApp, Line Chat, WeChat, dan lainnya.

2. Komunikasi Sinkron Call

Untuk berkomunikasi sinkron call, pengguna menggunakan aplikasi yang di-install pada smartphone yang terhubung dengan internet. Cara berkomunikasi ini tidak akan memakai pulsa atau tagihan telepon, melainkan kuota internet.

3. Komunikasi Sinkron Video Call

Sesuai dengan namanya, jenis komunikasi daring ini memakai video call (panggilan video) sebagai penghubung. Dengan komunikasi sinkron video call, Anda bisa melihat lawan bicara Anda melalui layar komputer atau smartphone. Jenis komunikasi semacam ini sekarang semakin diminati banyak pengguna teknologi karena tidak hanya bisa mendengar suara, tapi juga bertatap muka dengan lawan bicaranya.

4. Komunikasi Asinkron Video

Meski sama-sama memakai video, tapi jenis ini berbeda dengan komunikasi sinkron video call. Pada komunikasi asinkron video, Anda hanya bisa berbagi rekaman video pada lawan bicara Anda. Jadi Anda tidak bisa melihat secara langsung keadaan orang tersebut.

5. Komunikasi Asinkron Chat

Memiliki metode yang sama seperti asinkron video, komunikasi asinkron chat memungkinkan penggunanya untuk berbagi pesan singkat memakai pilihan platform yang ada. Hanya saja jenis komunikasi yang terjalin adalah komunikasi tunda.

6. Komunikasi Jaringan Kerja

Komunikasi jaringan kerja bersifat pribadi dan tentunya berkaitan dengan urusan pekerjaan. Biasanya sebuah perusahaan mempunyai alat komunikasi sendiri yang hanya bisa digunakan oleh para pegawai perusahaan tersebut, seperti email atau platform khusus.

7. Komunikasi Kelompok

Komunikasi kelompok dilakukan secara berkelompok atau grup yang terdapat beberapa orang di dalamnya. Biasanya jenis komunikasi ini terbentuk dalam platform. Komunikasi kelompok memudahkan dalam menyebarkan informasi yang dikhususkan untuk sebuah kelompok, sehingga langsung diterima oleh orang-orang yang tergabung di dalamnya.

8. Komunikasi Formal

Sesuai dengan namanya, jenis komunikasi daring ini dilakukan saat acara formal (resmi). Tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan sebuah kepentingan. Beberapa cara untuk melakukan komunikasi formal adalah memakai video conference, surat perintah, atau komunikasi pada sebuah rapat.

9. Komunikasi Non Formal

Jenis komunikasi non formal dapat terjadi di acara resmi maupun tidak resmi. Saat dilakukan di acara resmi, jenis komunikasi ini lebih kepada bersifat pribadi.

10. Komunikasi Informal

Berkebalikan dengan jenis komunikasi formal, jenis komunikasi informal bertujuan untuk menjaga hubungan sosial. Pesan atau obrolan yang dikirim pun tidak direncanakan.

Demikianlah informasi mengenai tipe dan jenis komunikasi daring. Bagaimana dengan Anda, jenis manakah yang sering Anda gunakan sehari-hari? Mungkin di masa depan akan bermunculan lagi teknologi yang membuat komunikasi semakin variatif. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan



Centennial Tower Lantai 42 Jl. Gatot Subroto No.Kav. 24-25, RT.2/RW.2, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930
Tlp. (021) 31936590 FAX (021)31927516

2024 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy