Announcement

BERKENALAN DENGAN URL, BAGIAN PENTING UNTUK MENGAKSES INTERNET

Berkenalan dengan URL, Bagian Penting untuk Mengakses Internet

Bagi Anda yang sering menggunakan internet pasti sudah sering melihat istilah URL. Namun mungkin sebagian dari Anda tidak mengetahui secara detail tentang tersebut. Untuk menambah wawasan Anda, artikel ini akan membahas seputar URL, mulai dari pengertian, fungsi, jenis, dan contohnya. Berikut informasinya untuk Anda:

Pengertian

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator yang merupakan rangkaian karakter yang terdiri dari format dengan standar tertentu. URL berfungsi sebagai penunjuk alamat dari sebuah sumber daya di internet, baik berupa file teks, gambar, dokumen, dan lainnya.

Fungsi URL

URL sangat vital peranannya dalam internet karena memungkinkan pengguna bisa mengakses internet untuk mencari berbagai macam hal yang diinginkan. Berikut adalah beberapa fungsi URL lainnya:

  1. Memberi nama pada dokumen yang ada di dalam sebuah website.
  2. Memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengingat alamat dari dokumen yang dicari.
  3. Mengenali dokumen dalam website.
  4. Memudahkan pengguna untuk mengakses dan mencari file di internet dengan alamat yang tepat, karena alamat yang ada di internet sangat banyak jumlahnya.

Bagian-bagian URL

URL terdiri dari empat bagian yang digabungkan menjadi sebuah struktur. Keempat bagian tersebut meliputi:

1. Domain

Domain merupakan nama dari situs atau yang menunjukkan alamat situs. Domain terdiri dari dua jenis, gratis dan berbayar. Contoh dari domain berbayar adalah .com, .net, .info. Sedangkan yang gratis contohnya adalah blogger.com

2. Protokol

Protokol adalah bagian terpenting yang memudahkan pembaca untuk membuka tautan tanpa harus menuliskan ulang pada browser. Protokol biasanya disingkat menjadi http (Hypertext Transfer Protocol).

3. Direktori

Direktori adalah sebuah kategori dalam sebuah website yang biasanya diletakkan di akhir domain. Contoh: https://namadomain.com/ini-url-direktori

4. Nama Host Komputer

Bagian terakhir adalah nama host komputer atau yang biasa disebut dengan World Wide Web (www). Namun nama ini tidak harus selalu digunakan. Ada website yang menggunakannya dan ada juga yang tidak.

Jenis-jenis URL

URL terdiri dari dua jenis, yakni URL Relatif dan URL Absolut. Berikut uraiannya:

1. URL Relatif

URL relatif menentukan alamat berdasarkan alamat yang sedang aktif pada saat itu. Susunan alamatnya tidak baku dan hanya merujuk pada dokumen yang sedang dibuka.

Contoh:

Laman aslinya berupa http://mysite.example.com/landing.html. Variasinya bisa berupa /var1.html atau /var2.html. Atau bisa juga berupa .

2. URL Absolut

Adalah URL yang memiliki alamat yang disertai dengan domain dan lokasi dokumen dengan format domain-direktori-domain. Format tersebut mengandung arti di mana setiap halaman di dalam sebuah domain terdiri dari direktori yang berisi dokumen.

Contoh:

Laman aslinya adalah http://mysite.example.com/landing.html. Variasinya bisa dua macam, yaitu http://mysite.example.com/var1.html dan http://mysite.example.com/var2.html. Atau bisa juga menjadi https://mysite.example.com/images/images.jpg>

Demikianlah penjelasan mengenai URL yang meliputi pengertian, fungsi, bagian, dan macamnya. Semoga informasi di atas dapat membantu dan menambah wawasan Anda.

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan


Instagram

BAKTI KOMINFO

BAKTI KOMINFO

Follow


Gedung Menara Merdeka, Lt.9, Jalan Budi Kemuliaan 1 No.2, RT.2/RW.3, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
Tlp. (021) 31936590 FAX (021)31927516


2022 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy