Announcement

INFORMASI SEPUTAR TCP/IP: PENGERTIAN, KARAKTERISTIK, DAN FORMATNYA

Informasi Seputar TCP/IP: Pengertian, Karakteristik, dan Formatnya

Manusia kini sangat dimudahkan dengan kehadiran internet yang bisa dipakai untuk berbagai macam hal. Agar internet bisa berjalan diperlukan protokol internet yang jenisnya bermacam-macam. Salah satu yang umum digunakan adalah protokol TCP/IP. Apa itu TCP/IP dan apa kegunaannya? Langsung saja simak informasinya berikut ini:

Pengertian

TCP merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol, sedangkan IP adalah singkatan dari Internet Protocol. Kedua protokol dijadikan satu nama sebab fungsinya yang saling bekerja sama dalam komunikasi data. TCP/IP adalah perangkat lunak pada jaringan komputer (networking software) yang terdapat dalam sistem dan digunakan untuk komunikasi data dalam internet ataupun Local Area Network (LAN) yang terhubung ke internet.

Karakteristik TCP/IP

TCP/IP memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:

  1. Dapat berdiri sendiri tanpa harus dipasang pada perangkat keras jaringan apapun yang memungkinkan protokol ini bisa bergabung dengan banyak jaringan komputer. TCP/IP dapat dijalankan secara virtual melalui berbagai media fisik transmisi data, saluran dial up, ataupun Ethernet.
  2. Dapat dijadikan alamat umum. Karakteristik ini membuat setiap perangkat yang memakai protokol ini mempunyai sebuah alamat unik dalam jaringan komputer global seperti internet maupun pada jaringan komputer lokal.
  3. Merupakan sebuah protokol standar yang gratis, terbuka, dan dikembangkan terpisah dari perangkat keras komputer. Berkat karakteristik tersebut, TCP/IP banyak didukung oleh vendor perangkat keras dan menyatukan perangkat keras dan perangkat lunak dari berbagai macam merk. Penggunanya pun bisa memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang berlainan untuk bisa berkomunikasi data antar komputer melalui internet.

Format IP

Setiap alamat IP memiliki format yang berbeda-beda yang terdiri dari sebuah bagian host dan sebuah bagian jaringan. Di dalam alamat IP terdapat beberapa bit alamat yang dipakai untuk mengenali jaringan, sedangkan angka dipakai untuk mengenali host serta berbagai kelas alamat IP. Alamat IP memiliki tiga kelas utama, yakni kelas A, B, dan C dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Jaringan Kelas A

Jaringan kelas A ditandai dengan adanya angka 0 pada bit pertama alamat IP. Kemudian tujuh bit setelahnya menunjukkan identitas jaringan dan 24 bit terakhir menunjukkan identitas host. Pada jaringan kelas A terdapat 128 angka jaringan dan jutaan host.

  • Jaringan Kelas B

Jaringan kelas B ditandai dengan dua bit pertama dari alamat IP berupa angka 10. Angka bit pertama merupakan kelas, 24 bit setelahnya menunjukkan identitas alamat jaringan, dan 10 bit setelahnya adalah host. Pada jaringan kelas A terdapat ribuan angka jaringan dan ribuan host.

  • Jaringan Kelas C

Jaringan kelas C ditandai dengan tiga bit pertama dari alamat IP berupa angka 110. Tiga bit pertama tersebut berupa alamat kelas, 21 bit setelahnya menunjukkan alamat jaringan, dan 8 bit setelahnya adalah identitas host. Pada jaringan kelas C terdapat jutaan angka jaringan dan 254 host.

Demikian informasi seputar TCP/IP yang sangat vital peranannya dalam dunia jaringan internet. Membahas tentang TCP/IP memang cukup rumit, tapi semoga informasi di atas bisa membantu Anda.

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan


Instagram

BAKTI KOMINFO

BAKTI KOMINFO

Follow


Gedung Menara Merdeka, Lt.9, Jalan Budi Kemuliaan 1 No.2, RT.2/RW.3, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
Tlp. (021) 31936590 FAX (021)31927516


2021 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy