Announcement

MEMPELAJARI CAMPUS AREA NETWORK: DEFINISI, PENERAPAN, MANFAAT, SERTA TUJUANNYA

Mempelajari Campus Area Network: Definisi, Penerapan, Manfaat, serta Tujuannya

Dalam jaringan komputer terdapat beberapa jenis jaringan yang dikelompokkan sesuai dengan cakupan wilayahnya. Diantara jenis-jenis jaringan tersebut meliputi LAN, MAN, WAN, dan juga CAN. Pada artikel ini akan fokus membahas jaringan yang terakhir, yaitu CAN. Apa yang dimaksud dengan CAN tersebut? Bagaimana penerapannya? Langsung saja simak informasinya pada uraian di bawah ini:

Definisi

CAN adalah singkatan dari Campus Area Network yang merupakan gabungan dari beberapa jaringan komputer lokal (LAN) yang terinterkoneksi pada area pendidikan. CAN atau yang juga disebut sebagai Corporate Area Network dan Controller Area Network memiliki jangkauan yang lebih besar dari LAN karena menjangkau beberapa gedung yang ada pada suatu wilayah tertentu. Namun CAN memiliki cakupan yang lebih sempit dari Wide Area Network (WAN) dan Metropolitan Area Network (MAN).

Penerapan CAN

Sesuai dengan namanya, pemakaian CAN biasanya diterapkan pada gedung sekolah ataupun universitas. Jaringan ini dipakai untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada pada setiap gedung dalam satu wilayah. Misalnya saja gedung administrasi, gedung pusat, dan gedung-gedung perkuliahan yang ada dalam satu universitas. Fungsi dari pemasangan CAN adalah supaya setiap komputer yang ada dalam wilayah tersebut bisa saling berkomunikasi, sehingga memudahkan untuk melakukan pertukaran data.

Kebanyakan jaringan CAN terdiri dari beberapa LAN yang terhubung oleh switch dan router yang tergabung untuk menciptakan sebuah jaringan tunggal. Semua LAN tersebut mengoperasikan jaringan yang sama sehingga dapat memberikan akses kepada pengguna untuk saling berkomunikasi secara langsung dengan sistem yang berbeda dalam sebuah jaringan, baik dengan ataupun tanpa menggunakan kabel.

Manfaat CAN

Penerapan Campus Area Network memberikan dua manfaat utama, yaitu keamanan dan kecepatan.

  • Keamanan

Tidak seperti WAN, CAN dikelola oleh satu kesatuan, seperti tim IT kampus. Pihak admin jaringan pada tim tersebut memiliki akses untuk dapat memantau dan membatasi jaringan. Biasanya di antara CAN dan internet juga dipasangi dengan Firewall supaya untuk menjaga jaringan agar tidak diakses oleh pihak yang tidak berkepentingan. Firewall atau proxy server juga digunakan untuk membatasi akses dari pengguna pada website atau port internet. Dengan begitu semua data yang ada di cakupan jaringan tersebut tidak mudah diakses oleh sembarang orang sehingga lebih terjamin keamanannya.

  • Kecepatan

Dikarenakan proses komunikasi pada CAN menggunakan jaringan lokal, maka kecepatan transfer data pada sistem yang ada dalam jaringan menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan kecepatan internet pada umumnya. Berbagi dokumen dengan pengguna lain dalam satu jaringan pun jadi lebih mudah, meski dalam ukuran yang besar sekalipun. Misalnya saja saat menggunakan internet biasa membutuhkan waktu berjam-jam untuk meng-upload video berdurasi panjang. Sedangkan dengan menggunakan CAN hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Ini tentunya dapat menghemat waktu juga, karena tidak harus menunggu selama berjam-jam.

Tujuan CAN

Pembangunan Campus Area Network memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Mendukung kegiatan akademik yang ada di lingkungan sekolah dan universitas.
  • Meningkatkan fasilitas perangkat/sumber daya komputasi yang dimiliki agar bisa dipakai bersama dengan lebih efisien.
  • Memberikan fasilitas kepada pihak sekolah atau universitas supaya informasi dari dalam dan luar dapat diperoleh dan disebarkan secara cepat dan akurat.
  • Meningkatkan pengelolaan Sistem Informasi Manajemen di lingkungan akademik.

Kurang lebih itulah informasi penting seputar Campus Area Network yang perlu untuk Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan Anda tentang jaringan komputer.

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan


Instagram

BAKTI KOMINFO

BAKTI KOMINFO

Follow


Centennial Tower Lantai 42 Jl. Gatot Subroto No.Kav. 24-25, RT.2/RW.2, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930
Tlp. (021) 31936590 FAX (021)31927516


2022 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy