Announcement

PENYEBAB SINYAL INTERNET LAMBAT DAN CARA MENGATASINYA

Penyebab Sinyal Internet Lambat dan Cara Mengatasinya

Berselancar di dunia maya kini sudah menjadi kegiatan rutin yang selalu dilakukan masyarakat modern setiap harinya. Sinyal internet pun menjadi faktor penentu untuk memperlancar aktivitas ini. Sinyal yang terasa lambat memang bisa sangat menjengkelkan. Lalu, apa sih sebenarnya yang membuat sinyal tersebut jadi melambat?? Biar tidak penasaran, berikut penyebab yang biasanya membuat sinyal internet lemot:

1. Gangguan dari Perangkat Lainnya

Kuat lemahnya jaringan internet bisa dipengaruhi oleh perangkat lain yang ada di tempat kita, misalnya gadget, bluetooth, atau microwave. Ketiganya bergerak di frekuensi yang sama dengan router, yaitu 2,4 GHz sehingga akan mempengaruhi kecepatan jaringan. Sedangkan bagi kalian yang tinggal di apartemen, bisa jadi jaringan kalian terganggu oleh jaringan wireless di sekitarnya. Untung saja sekarang sudah banyak router modern yang telah mendukung frekuensi 5 GHz dan menggunakan saluran yang jarang mengalami gangguan saat di-reboot.

2. Router Sudah Tua

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, router juga memiliki standar usia pemakaian. Jika kalian sudah merasakan internet terasa lambat, mungkin kalian perlu memeriksa spesifikasi router yang dimiliki. Kalau memang sudah terlalu lama, segeralah ganti dengan yang baru.

3. Letak Router Salah

Selain faktor usia, lokasi meletakkan router juga sangat menentukan kuat lemahnya sinyal internet. Ruangan yang bersekat-sekat dan terdapat banyak barang besar akan melemahkan sinyal. Untuk itu, kalian perlu memindahkan router ke tempat yang lebih lapang, sehingga pancaran jaringannya bisa tersebar dengan lebih lancar.

4. Melewati Batas Kuota di Paket Unlimited

Banyak operator seluler yang menawarkan paket unlimited yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses internet tanpa batas dalam waktu tertentu. Ini pastinya sangat menggiurkan dan membuat banyak orang tertarik untuk berlangganan. Faktanya, paket tersebut tidak akan memberikan kecepatan yang selalu kencang terus-menerus. Ada batas kuota yang diberikan untuk bisa mengakses internet dengan kencang. Bila sudah melewati batas tersebut, maka jaringan internet akan berkurang dan tidak secepat sebelumnya.

5. Berada di Tempat Ramai

Tempat yang dipenuhi dengan banyak orang seperti venue festival, konser, pameran bazaar, dan sebagainya bisa langsung membuat sinyal internet jadi drop. Hal ini dikarenakan semua orang dalam satu lokasi mengakses internet secara bersamaan, sehingga terjadi kemacetan di satu menara.

6. Berada di Area yang Memiliki Jaringan Buruk 

Sering merasa jengkel karena tidak bisa memuat halaman situs atau sekedar membalas chat dari smartphone kalian? Padahal seringkali ikon sinyal seluler atau wireless terlihat baik-baik saja. Kemungkinannya adalah kalian sedang berada di area yang memiliki cakupan jaringan internet yang buruk.

Untuk pengguna Android, coba cek kekuatan sinyal yang masuk ke jaringan ponsel. Caranya adalah dengan masuk ke Settings, lalu buka About Phone dan cek Status. Kekuatan sinyal akan ditunjukkan dengan angka mulai dari -50 dBm hingga -120 dB. Semakin dekat angkanya dengan -50 dBm menandakan kualitas sinyal yang lebih bagus.

7. Jaringan Wi-Fi Lemot 

Banyak tempat umum yang menyediakan fasilitas Wi-Fi secara gratis untuk dipakai sepuasnya, seperti kafe, restoran, atau ruang publik lainnya. Beberapa ada yang membutuhkan kata sandi tapi ada juga yang hanya tinggal pakai. Kemudahan seperti ini pastinya tidak akan disia-siakan, sehingga ada banyak orang yang ingin memakainya. Bila sudah seperti ini, tak heran kalau sinyal internet bisa terasa lemot.

Namun bisa juga tempat tersebut memang memiliki jaringan internet yang lambat karena keterbatasan biaya. Kemungkinan lainnya adalah lokasi kita yang terlalu jauh dari titik aksesnya. 

Cara Mengatasinya

Tak perlu kesal saat sinyak internet melambat, berikut tips dan trik mengatasinya:

Pindahkan Router

Seperti yang sudah dibahas di atas, posisi router akan sangat menentukan kuatnya jaringan. Agar memiliki sinyal yang kuat, maka sebaiknya letakkan router pada tempat yang terbuka dan lapang. Jauhkan router dari benda-benda tinggi, seperti kulkas dan lemari.

Buka Jendela

Membuka jendela juga bisa menjadi salah satu solusi yang cukup membantu untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik. Keberadaan jendela bisa menjadi penghalang yang mengganggu kelancaran sinyal. Jadi buka dulu jendela atau bila tidak memungkinkan pindah ke dekat jendela saat sedang mengakses internet.

Ganti Router dengan yang Baru

Jika umur router kalian sudah tua, maka segera ganti dengan yang baru. Router yang sudah berumur pastinya akan menurun daya kerjanya sehingga tidak akan maksimal dalam memancarkan sinyal internet. Sebaiknya menggunakan router yang memiliki frekuensi 5 GHz yang jarang mengalami gangguan.

- Restart & Istirahatkan Router

Router kalian mungkin juga merasa kelelahan karena selalu aktif setiap hari. Apalagi kalau Anda tidak pernah mematikannya sehingga membuatnya panas. Saat jaringan sudah mulai lemot, cobalah untuk restart dan istirahatkan router untuk sementara. Setelah itu barulah nyalakan kembali untuk mendapatkan sinyal yang lancar.

Jangan Tutupi Antena Ponsel 

Sinyal yang lemah bisa juga disebabkan oleh antena ponsel yang terhalang. Penting bagi kalian untuk mengetahui letak antena pada ponsel, sehingga bisa lebih hati-hati dalam menggenggamnya. Pemasangan casing tambahan pun bisa jadi penghalang antena. Untuk itu gantilah casing dengan material yang lebih ramah.

Isi Ulang Baterai

Beberapa ponsel akan menurunkan kinerjanya saat daya baterai mulai menurun, termasuk dalam menangkap sinyal. Jadi segeralah isi ulang baterai kalian untuk mendapatkan kinerja yang normal dan sinyal internet yang lancar lagi.

- Hidup-Matikan Modus Airplane

Melakukan restart pada smartphone memang bisa memperbaiki kondisi jaringan, tapi sayangnya akan membutuhkan waktu agak lama. Bila sedang terburu-buru, dapat mencoba dengan menghidupkan modus Airplane lalu mematikannya lagi. Cara ini akan membantu smartphone untuk me-refresh koneksi jaringan. Jadi, smartphone akan mencari sinyal lain yang lebih mudah dihubungi melalui menara dengan sinyal yang lebih kuat.

Semoga info di atas dapat membantu permasalahan dalam menghadapi kesulitan sinyal internet dimanapun berada. Segera praktekkan cara mengatasinya agar kalian dapat berselancar dengan lebih cepat dan nyaman.

 

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan


Instagram

BAKTI KOMINFO

BAKTI KOMINFO

Follow


Gedung Menara Merdeka, Lt.9, Jalan Budi Kemuliaan 1 No.2, RT.2/RW.3, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
Tlp. (021) 31936590 FAX (021)31927516


2022 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy