Pengumuman

SEMPAT TERTUNDA, MENKOMINFO: PALAPA RING BESOK DIRESMIKAN

Sempat Tertunda, Menkominfo: Palapa Ring Besok Diresmikan

Sebelumnya, proyek yang belakangan dikenal dengan 'tol langit' tersebut ditunda peresmiannya pada Jumat kemarin (11/10).

Pernyataan tersebut diucapkan Menkominfo di sela-sela kick off Piala Presiden eSports 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (13/10/2019).

 

Sebelumnya, Rudiantara menuturkan upaya pemerintah dalam mendukung keberadaan eSports dengan menghadirkan layanan internet cepat. Adapun untuk kegiatan eSports agar lancar, maka diharuskan didukung dengan infrastruktur telekomunikasi yang memadai alias tidak bikin lemot."Untuk event seperti ini (Piala Presiden eSports 2020) harus mudah. Jadi, pakai wireless seperti 200 Mbps - 500 Mbps atau 1 Gbps pun nggak ada masalah," kata dia.

Ia mengibaratkan infrastruktur telekomunikasi ini dengan sebuah jalan tol, di mana ia mencontohkan tol Jakarta-Bandung.

"Pintu Bekasi sudah ada, Cikarang sudah ada, sekarang kita masuk ke dalam-dalamnya karena makin lama semakin dibutuhkan," imbuhnya."Jalan tolnya sudah selesai, Palapa Ring, besok (Senin) akan diresmikan," ujar pria yang disapa Chief RA ini.

Diketahui, Palapa Ring adalah suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel di daratan adalah sejauh 21.807 kilometer.Belakangan, proyek ini dijuluki tol langit, sebagai perumpamaan yang dimaksudkan Rudiantara sebagai kehadiran sinyal yang membuat masyarakat Indonesia bisa lebih mudah berkomunikasi satu sama lain, baik di perkotaan maupun pelosok, berkat eksistensi infrastruktur telekomunikasi.

Palapa Ring yang terbagi ke dalam tiga segmen, yaitu Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur sudah dibangun konstruksinya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Aksesibilitas dan Informasi (Bakti).

Sumber : https://inet.detik.com/telecommunication/d-4744369/sempat-tertunda-menkominfo-palapa-ring-besok-diresmikan/1/#news

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan



Centennial Tower Lantai 42 Jl. Gatot Subroto No.Kav. 24-25, RT.2/RW.2, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930
Tlp. (021) 31936590 FAX (021)31927516

2024 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy