Pengumuman

BAKTI TURUT MERIAHKAN FIRAL 2018 DI PADANG

BAKTI TURUT MERIAHKAN FIRAL 2018 DI PADANG

PADANG, 11 Mei 2018 - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) turut mengambil bagian dalam pelaksanaan kegiatan tahunan Festival Literasi Media dan Digital (FIRAL) 2018. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Telekomunikasi (Kemenkominfo) dengan menggandeng institusi pendidikan di Indonesia. Tahun ini, penyelenggaraan FIRAL dilaksanakan bekerjasama dengan Universitas Andalas Padang (Unand), dengan tema Membangun Literasi Media dan Digital Sebagai Wujud Kebangkitan Nasional.

Kegitan ini, diawali dengan seminar umum yang diisi oleh beberapa narasumber yakni Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo Slamet Santoso, Kasubdit Pengolahan  Informasi Direktorat Jenderal IKP Dimas Aditya Nugraha Kasubdit Pengolahan Informasi Direktorat Jenderal IKP, Tenaga Ahli Komisi I DPR RI Nurul Faizah, dan Wakil Rektor I Unand Prof. Dr. Dachriyanus, Apt. Berlangsung selama hampir tiga jam, seminar ini diikuti oleh puluhan mahasiswa dan umum di ruang auditorium kampus Unand.

FIRAL menjadi kegiatan rutin yang tahun sebelumnya diselenggarakan di Yogyakarta bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada. Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo Slamet Santoso yang membuka seminar setengah hari ini, menuturkan bahwa pelaksanaan FIRAL 2018,  dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang akan jatuh pada 20 Mei 2018. “Teknologi informasi terus bergerak ke arah yang lebih baik. Selama ini kita hanya terfokus memanfaatkan perkembangan teknologi yang masih sebatas memperbaharui status agar tidak dibilang tertinggal. Namun belum berpikir menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan,” ucap Slamet.

Sehingga lanjutnya mereka tidak tahu keuntungan yang diberikan oleh teknologi ini. Hanya sebagian orang yang tahu akan hal ini. Inilah yang menyebabkan munculnya berita-berita bohong yang menyesatkan. “Karena ketidakpahaman penggunaan media sosial yang cerdas dan bijak, kami melakukan digital literasi kepada masyarakat,” ungkap Slamet.  

Sementara itu,   Rektor Universitas Andalas (Unand) yang diwakilkan oleh Wakil Rektor I Unand Prof. Dr. Dachriyanus, Apt menyambut baik pelaksanaan literasi media kepada mahasiswa Unand. Mengingat pengguna media sosial sebagian besar adalah kalangan remaja. “Selama ini mahasiswa berselancar di dunia maya, mendapatkan banyak informasi dari berbagai sumber, namun informasi itu belum tentu benar dan terkadang juga berita bohong (hoax). Yang lebih mengkhawatirkan adalah berita ataupun informasi yang bersifat fitnah dan ujaran kebencian. Sehingga kita menghimbau kepada kalangan muda untuk bijak dalam bermedia sosial,” pesannya.

Dachriyanus juga mengharapkan literasi media yangn menurutnya sangat penting, dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga mahasiswa dapat memahami mana informasi yang benar dan hoax.

Sementara itu, selaku pendukung acara FIRAL 2018, Direktur Umum BAKTI Fadhilah Mathar menuturkan kegiatan ini merupakan yang pertama diikuti BAKTI. “Kami sangat senang dapat berpartisipasi dalam ajang tahunan yang memberikan pengetahuan tentang ekosistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada para mahasiswa dan umum. Apalagi yang nantinya akan berkecimpung di dunia telekomunikasi,” tutur Indah, sapaannya.

Saat pelaksanaan FIRAL, Indah melihat animo para mahasiswa yang begitu antusiasnya untuk mengetahui segala hal terkait hasil kerja BAKTI, mencakup pembangunan Akses Internet, Base Transceiver Station (BTS), Palapa Ring, Infrastruktur Penyiaran dan Desa Broadband Terpadu (DBT). “Antusiasme adik-adik mahasiswa Unand sangat besar, saya melihat ada ketertarikan pada bidang TIK. Disamping itu BAKTI juga memberikan beberapa kuis serta lomba foto Instagram, yang menjadi daya tarik pengunjung,” tutup Indah. (KEY/HUMAS BAKTI) 

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan


Instagram

Gedung Menara Merdeka, Lt.9, Jalan Budi Kemuliaan 1 No.2, RT.2/RW.3, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
(021)31927516
1 500 876 (USO)


2018 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy