Pengumuman

MENKOMINFO ISI KULIAH UMUM DI UMC

Menkominfo Isi Kuliah Umum di UMC

Cirebon (2/2), Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memberi kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Cirebon dengan tema "Pembangunan Infrastruktur dalam Ekonomi Digital". Rudiantara menjadi pengisi materi yang membahas tentang infrastruktur digital di Indonesia. Ia juga mengajak mahasiswa untuk meningkatkan literasi digital serta memanfaatkan media sosial dengan baik.

"Bagaimana kurangi potensi konten negatif. Kominfo tidak bisa sendiri, namun bersama lapisan masyarakat, LSM, perguruan tinggi, juga korporasi." Ungkapnya.

Menteri kominfo tersebut menyebutkan, saat ini sudah ada Gerakan SiberKreasi untuk meningkatkan literasi digital, agar mengurangi konten negatif di dunia maya. Ia juga mengajak untuk menggunakan media sosial secara bijak. Karena menurutnya, kemampuan masyarakat Indonesia untuk memilah dan memilih konten masih kalah jauh dibandingkan negara maju. Sebagai contoh, Amerika Serikat sudah tidak melakukan lagi blokir konten negatif.

"Jika ada konten negatif tidak diblokir, tapi diserahkan pada masyarakat karena dianggap mampu memilah dan memilih konten. Untuk itu dibutuhkan literasi digital untuk memilih dan memilah konten serta memerangi hoax, hate speech, dan berita negatif lainnya." Lanjutnya.

Selain itu Rudiantara juga mengatakan sampai saat ini sudah sebanyak 181 juta pengguna kartu prabayar, serta bagi yang belum berhasil registrasi ulang untuk mencoba kembali sampai bisa.

"Berarti seharusnya semua bisa diregistrasi. Yang sulit melakukan registrasi itu dua tiga orang, terbukti sampai saat ini sudah ada 181 juta yang berhasil." Katanya.

Diharapkan registrasi ulang kartu prabayar ini dapat meningkatkan pelayanan dan juga menghindari perilaku yang tidak bertanggung jawab seperti mama minta pulsa dan modus penipuan lainnya.

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan


Instagram
Gedung Menara Merdeka, Lt.9, Jalan Budi Kemuliaan 1 No.2, RT.2/RW.3, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
(021)31927516
1 500 876 (USO)


2018 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy