Pengumuman

SEMINAR MERAJUT NUSANTARA DI ACEH DAN JAKARTA

Seminar Merajut Nusantara di Aceh dan Jakarta

Seminar Merajut Nusantara kali ini mengambil tema “Peluang dan Tantangan Gerasi Milenial di Era Digital Aceh Barat Daya” yang dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2019. Hadir sebagai narasumber pada seminar kali ini: Ahmad Juhari selaku Direktur Keuangan Bakti Kominfo. Aidil Mashendra selaku Tenaga Ahli Komisi I DPR RI. Hadir juga Junaidi selaku Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Meulaboh.

Direktur keuangan Bakti Kominfo Ahmad Juhari memaparkan; Generasi muda, milenial kreatif harus bangga dengan potensi yang ada, menggunakan kesempatan yang ada untuk meraup pundi-pundi rupiah, yang nantinya bisa mengubah paradigma masyarakat dan akan termotifasi, penggunaan teknologi dan informasi dengan cara yang bijak dan positif harus digiatkan. Sepantasnya teknologi itu dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi, pengentasan kemiskinan dan pengurangan angka pengangguran, namun bukan untuk kegiatan yang merugikan diri sendiri dan masyarakat.

Sedangkan Aidil Mashendra mengatakan; Peluang untuk Kaum Muda Ibarat pisau bermata dua, kehadiran media sosial dan berbagai macamteknologi informasi di hadapan kita sebenarnya tergantung kita pribadi. Pisau jika digunakan untuk memotong sayur sangat bermanfaat. Beda halnya jika digunakan untuk melukai orang lain, maka akan membahayakan. Begitu juga dengan teknologi informasi, jika digunakan untuk kebaikan maka kita akan mendapatkan manfaatnya. Jika digunakan untuk keburukan, kita pun akan menerima akibatnya.

Sebagai penutup dari paparan narasumber, Junaidi S  mengatakan; Kaum milenial kebanyakan lebih tertarik kepada multimedia, diharapkan diera Digital saat sekarang ini kaum milenial lebih dapat kedalam yang menyajikan yang akan menghasilakan pundi-pundi ekonomi dan jangan menjadi yang di sajikan saja yang tidak mendapat apa-apa. Teknologi tampa kemampuan atau skill yang baik tidak akan memberikan dampak yang baik bagi penggunanya dan beberapa skill yang harus dimiliki oleh kaum mileniar untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

Sementara itu, pada tanggal yang sama Seminar Merajut Nusantara juga dilaksanakan di Jakarta. Tema yang diambil dalam seminar ini adalah “Tantangan Generasi Milenial di Era Digital”. Hadir sebagai narasumber: H. Bambang Wiyogo, S.H (Anggota Komisi I DPR-RI), BAKTI diwakili oleh Ferdinandus Setu (Plt Kepala Biro Humas Kominfo) dan Bapak Rudi Darmawanto (Akademisi). Kegiatan ini dihadiri oleh Pemuda pemudi dan Masyarakat umum di daerah Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Dimulai dengan sambutan dari Anggota Komisi I DPR RI Bapak H. Bambang Wiyogo, S.H yang memaparkan sedikit mengenai tujuan acara Seminar Merajut Nusantara hasil kerjasama Kemkominfo melalui BAKTI dengan DPR RI khususnya Komisi I adalah untuk mensosialisasikan program Redesain USO yang telah dilaksanakan oleh BAKTI sebagai pengelola dana USO.

Selanjutnya dilanjutkan oleh perwakilan dari BAKTI - Kominfo Bapak Ferdinandus Setu. Dalam presentasinya, Ferdinandus Setu menyampaikan mengenai Tantangan Generasi Milenial di Era Industri 4.0. Beliau memaparkan peran pemerintah melalui BAKTI - Kominfo  yang berupaya menanggulangi kesenjangan digital di Indonesia khususnya daerah 3T melalui slogan Indonesia Sentris dengan membangun infrastruktur Telekomunikasi berupa BTS, Akses Internet hingga proyek Palapa Ring yang sudah dapat dinikmati oleh masyarakat indonesia, selain itu beliau juga memaparkan tahap-tahap revolusi industri, penetreasi pengguna internet di Indonesia, sampai kepada perilaku melenial Indonesia. Pemerintah dalam hal ini Kominfo, juga telah menciptakan suatu ekosistem digital guna mengoptimalkan pemanfaatan infrastruktur yang sudah dibangun, yang salah satunya dengan program Digital Talent Scholarship (DTS), ujarnya.

 

 

 

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan


Instagram

BAKTI KOMINFO

BAKTI KOMINFO

Follow


Gedung Menara Merdeka, Lt.9, Jalan Budi Kemuliaan 1 No.2, RT.2/RW.3, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
Tlp. (021) 31936590 FAX (021)31927516
1 500 876 (USO)


2019 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy