Pengumuman

4 JENIS SISTEM OPERASI JARINGAN YANG BANYAK DILIRIK MASYARAKAT, SIMAK INFONYA DISINI

4 Jenis Sistem Operasi Jaringan yang Banyak Dilirik Masyarakat, Simak Infonya Disini

Dalam ilmu komputer Anda akan berkenalan dengan yang namanya sistem operasi jaringan. Mungkin pernah terbesit di pikiran Anda, bagaimana komputer satu dengan yang lainnya dapat terhubung dan bekerja sama satu sama lain. Hal tersebut tak lepas dari peranan sistem operasi jaringan. Selain itu, sistem operasi jaringan terdiri dari banyak layanan yang memang dirancang untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya. Berikut akan dijelaskan lebih detail mengenai apa itu sistem operasi jaringan beserta jenisnya.

Apa Itu Sistem Operasi Jaringan?

Sistem operasi jaringan merupakan suatu sistem sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan pengaturan ke pengguna yang memudahkan dan juga memberikan kenyamanan dalam pengaplikasian berbagai perangkat yang terhubung dengan jaringan tersebut. Intinya, sistem operasi jaringan membantu menghubungkan banyak perangkat untuk dapat berkomunikasi satu sama lain. Misalnya sebuah perangkat komputer yang harus terhubung dengan printer, scanner, kamera, speaker, dan sebagainya. Selain itu, sistem operasi jaringan adalah jalan untuk mengkoneksi sebuah gadget dengan internet, yaitu layanan DNS dan HTTP. Kasarnya, kita tidak bisa menggunakan sebuah laptop tanpa sistem operasi jaringan. Karena itulah, sistem operasi memiliki harga tersendiri ketika kita membeli laptop atau komputer.

 

Perlu Anda tahu, sistem operasi jaringan juga memiliki fungsi penting lainnya yang tidak boleh Anda remehkan. Sistem operasi jaringan dapat berfungsi sebagai pusat pengendalian sumber daya jaringan suatu perangkat. Melalui sistem operasi jaringan ini pula Anda dapat tersambung ke internet. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan tingkat keamanannya karena jelas terjamin. Sistem operasi jaringan juga menawarkan penyimpanan atau back up data sehingga sewaktu-waktu dapat Anda akses kembali.

 

Jenis-jenis Sistem Operasi Jaringan

Sebelum menginjak ke topik apa saja yang termasuk ke dalam sistem operasi jaringan, Anda harus tahu bahwa sistem operasi jaringan dibagi menjadi dua yaitu berbasis text dan berbasis grafis. Sistem operasi berbasis text disebut juga dengan Command Line Interface (CLI). Ini adalah sistem operasi yang menampilkan antarmuka berupa huruf, angka, dan karakter khusus. Sedangkan sistem operasi jaringan berbasis grafis sering disebut dengan GUI atau Graphical User Interface. Sesuai dengan namanya sistem operasi ini memakai grafis sebagai dasar pengoperasian. Pada perangkat komputer sendiri ada banyak contoh dari sistem operasi jaringan, berikut diantaranya :

  1. UNIX

Di era sekarang, nama UNIX semakin terdengar kurang familiar. UNIX sendiri adalah salah satu jenis sistem operasi jaringan yang berbasis text. Sayangnya, UNIX tidak banyak diminati karena pengoperasiannya yang sulit. Oleh sebab itu UNIX kemudian dikembangkan dan diperbaharui lagi menjadi LINUX.

 

  1. LINUX

Linux adalah perkembangan dari UNIX dan merupakan gabungan dengan MINIX yang juga salah satu perkembangan dari UNIX. Berbasis grafis, Linux banyak digunakan di jaringan besar seperti pengaksesan berkas pada perusahaan atau lembaga pendidikan. Linux berbeda dengan OS lain karena kernel dan komponen-komponen lainnya bebas. Seperti dasarnya, UNIX, Linux baik digunakan untuk workstation dan server. Ini karena Linux sangat stabil dalam jangka waktu yang lama dan tahan terhadap malware. Kelebihan Linux yang lainnya adalah bisa didapatkan dengan gratis, walaupun tetap ada yang berbayar.

 

  1. MAC/ Macintosh Operating System

Sistem operasi jaringan MAC adalah sistem operasi khusus yang dikeluarkan oleh Apple Computer. Banyak kelebihan yang ditawarkan MAC yang membuat orang tertarik. Misalnya saja adalah sistem operasi berbasis grafis yang tentu saja user friendly. Selain itu MAC tergolong stabil dan dapat melakukan tugas multitasking. Ditambah lagi sistem operasi jaringan ini kebal terhadap malware. Tak bisa dipungkiri, dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan MAC tersebut Anda harus merogoh kocek yang dalam karena harganya yang tergolong mahal.

 

  1. Windows

Windows adalah sistem operasi jaringan yang paling banyak digunakan sekarang. Keunggulan dari sistem operasi ini adalah pengoperasian yang sangat mudah. Ini karena sistem operasi jaringan Windows adalah sistem operasi jaringan berbasis grafis atau GUI. Ternyata Windows adalah sistem operasi perkembangan dari Ms-DOS. Sekarang telah banyak versi Windows yang tersedia dengan keunggulan masing-masing. Tentunya versi terakhir adalah versi terbaru yang melengkapi versi sebelumnya. Yang paling umum digunakan hingga saat ini adalah Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan sekarang yang terbaru adalah Windows 10.

Demikian informasi tentang sistem operasi jaringan yang bisa Anda simak. Melalui artikel diatas Anda jadi tahu pengertian, fungsi dan apa saja contoh dari sistem operasi jaringan. Berbagai nama seperti Windows, MAC dan Linux tentunya sudah tidak asing di telinga Anda. Berbagai sistem operasi jaringan tersebut juga memiliki kelebihannya masing-masing. Jika diminta memilih, Anda akan pilih yang mana?

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan



Centennial Tower Lantai 42 Jl. Gatot Subroto No.Kav. 24-25, RT.2/RW.2, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930
Tlp. (021) 31936590 FAX (021)31927516

2023 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy