Pengumuman

KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN TEKNOLOGI WIRELESS, ANDA SUDAH TAHU?

Keunggulan dan Kekurangan Teknologi Wireless, Anda Sudah Tahu?

Teknologi wireless banyak memanfaatkan gelombang elektromagnetik sebagai media perpindahan data. Teknologi wireless dalam perjalanannya terus berkembang. Teknologi ini dianggap canggih dan sangat bermanfaat bagi kehidupan. Di Indonesia sendiri, perkembangan teknologi wireless terjadi dengan sangat cepat. Jika dulu Anda akrab dengan penggunaan infrared dan bluetooth, sekarang Anda dimanjakan dengan koneksi Wifi tanpa batas. Beberapa contoh teknologi wireless tadi diprediksi akan semakin berkembang di masa yang akan datang. Lalu sebenarnya apa saja keunggulan teknologi wireless? Apa pula kekurangan yang dimilikinya? Artikel berikut akan menjelaskan keunggulan dan kekurangan pada teknologi wireless tersebut. Berikut informasinya.

Sekilas Tentang Teknologi Wireless

Teknologi wireless adalah teknologi yang menghubungkan dua perangkat atau lebih tanpa menggunakan kabel. Biasanya , orang juga menyebutnya dengan istilah teknologi nirkabel. Teknologi wireless ini umumnya dipakai untuk pemindahan data. Jika dulu Anda harus menggunakan media kabel, sekarang tidak lagi. Teknologi wireless membuat proses transfer data menjadi lebih praktis.

Sekarang ini, teknologi wireless banyak memanfaatkan gelombang elektromagnetik sebagai media perpindahan data. Contoh teknologi wireless yang sangat dominan dalam kehidupan Anda adalah pada penggunaan telepon seluler. Teknologi tersebut kemudian semakin berkembang dan disematkan pada jaringan internet yang populer dengan nama Wifi. Beberapa orang lainnya juga menyebut Wifi sebagai WLAN. Bahkan, teknologi wireless saat ini juga dapat Anda temukan pada perangkat elektronik lainnya seperti microphone, speaker, headset dan lain sebagainya.

Keunggulan Teknologi Wireless

Perkembangan teknologi wireles memberikan segudang manfaat bagi kehidupan. Banyak sekali manfaat yang sudah ditorehkan oleh teknologi wireless yang meringankan dan mendukung aktivitas Anda sehari hari. Berikut akan dirinci lebih detail keunggulan apa saja yang diberikan teknologi wireless.

1. Tidak Perlu Kabel

Teknologi wireless merupakan teknologi nirkabel yang artinya tidak memerlukan kabel dalam penggunaannya. Penggunaan kabel selama ini dinilai kurang praktis dan menyulitkan sebagian orang. Selain itu, dari segi estetika penggunaan kabel sangat kurang nyaman dilihat. Tanpa menggunakan kabel, biaya operasional pun juga bisa diminimalisir.

2. Dapat Dipakai di Berbagai Perangkat Mobile dan Elektronik

Keunggulan lain dari teknologi wireless adalah sangat fleksibel untuk dipakai di berbagai perangkat mobile dan juga elektronik. Pada umumnya penggunaan wireless mengacu pada perangkat seperti komputer dan laptop. Namun, saat ini teknologi wireless juga lumrah dipakai pada alat komunikasi seperti smartphone dan tablet. Bahkan beberapa alat elektronik lainnya juga sudah menggunakan metode wireless ini seperti headset, microphone dan speaker.

3. Memiliki Kecepatan Transfer Data yang Konsisten

Teknologi jaringan yang canggih saat ini mendukung kecepatan transfer data pada teknologi wireless. Melalui penerapan topologi jaringan pada komputer, kecepatan transfer data teknologi wireless dianggap lebih stabil dari teknologi kabel. Bahkan , sinyal pada teknologi wireless dapat ditingkatkan melalui antena atau alat penguat sinyal lainnya. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi dengan kecepatan dan sinyal yang ditawarkan teknologi wireless.

4. Dapat Diaplikasikan pada Jaringan yang Lebih Luas

Teknologi wireless ternyata juga mampu menjangkau area yang lebih luas. Berbeda dengan jaringan kabel yang membutuhkan jumlah kabel yang banyak apabila ingin membangun jaringan yang lebih luas. Jaringan wireless bahkan dapat menghubungkan Anda ke seluruh penjuru dunia.

Kekurangan Teknologi Wireless

Di dunia ini tidak ada yang benar-benar sempurna, tak terkecuali teknologi wireless. Terdapat beberapa kekurangan yang melekat padanya yang bisa jadi pertimbangan Anda sebelum menggunakannya. Berikut kekurangan dari teknologi wireless :

1. Biaya yang Mahal

Walaupun teknologi wireless mampu menekan biaya kabel, namun dalam pengembangannya ternyata membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih lagi jika ingin mengaplikasikannya pada jangkauan yang lebih luas seperti jaringan MAN. selain itu perangkat keras yang mendukung terciptanya teknologi wireless tergolong lebih mahal daripada penggunaan kabel.

2. Cuaca Buruk sebagai Musuh Teknologi Wireless

Sayangnya, kekuatan teknologi wireless dalam memancarkan sinyal juga sangat dipengaruhi oleh cuaca yang sedang terjadi. Perlu Anda tahu, jaringan wireless memakai udara dalam mentransmisikan data. Oleh karena itu, apabila cuaca berubah menjadi buruk maka proses transmisi data juga akan mengalami gangguan. Selain itu, banyaknya sekat-sekat atau tembok yang tebal juga akan mempengaruhi sinyal transmisi data. Apabila Anda berada di tempat yang memiliki sekat tembok yang tebal, jangan heran jika jaringan wireless yang ada akan memburuk.

Perkembangan teknologi wireless yang ada sekarang tumbuh dengan sangat cepat. Banyak manfaat yang dapat Anda rasakan saat menggunakan teknologi wireless. Akan tetapi, untuk bisa menikmati jaringan wireless pun Anda juga harus menyiapkan dana yang tidak sedikit. Semoga informasi tentang keunggulan dan kekurangan pada teknologi wireless tadi dapat menambah pengetahuan Anda semua.

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan


Instagram

BAKTI KOMINFO

BAKTI KOMINFO

Follow


Gedung Menara Merdeka, Lt.9, Jalan Budi Kemuliaan 1 No.2, RT.2/RW.3, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
Tlp. (021) 31936590 FAX (021)31927516


2021 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy