Pengumuman

MENGETAHUI DAMPAK GLOBALISASI DI BIDANG TEKNOLOGI

Mengetahui Dampak Globalisasi di Bidang Teknologi

Arus globalisasi yang bergerak sangat cepat membawa pengaruh di bidang teknologi. Ada banyak dampak yang bisa dirasakan oleh manusia di seluruh dunia. Dampak globalisasi di bidang teknologi tersebut bisa Anda baca di sini!

Hingga tahun 2018 ini, arus globalisasi bergerak dengan sangat cepat dan membawa pengaruh di berbagai bidang, termasuk teknologi. Penemuan teknologi yang semakin canggih ditujukan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan sekaligus mempermudah pekerjaan manusia. Tak bisa dipungkiri, globalisasi membawa banyak dampak positif di bidang teknologi. Namun jika tidak disikapi dengan benar, maka ada pula dampak negatif yang dibawanya. Berikut ini adalah daftar dampak globalisasi di bidang teknologi yang sebaiknya Anda ketahui:

Dampak Positif

  • Kemudahan Dalam Komunikasi Jarak Jauh

Dampak ini pastinya sudah sangat Anda rasakan setiap hari di mana Anda bisa dengan mudah berkomunikasi dengan siapapun meski berjarak puluhan ribu kilometer. Hal tersebut tak lepas dari peranan gadget dan jaringan internet yang menyambungkan setiap individu dengan cepat tanpa harus bertemu muka. Manusia tidak perlu lagi mengirim surat yang membutuhkan waktu lama untuk sampai dan masih harus menunggu balasannya. Adanya surat elektronik atau e-mail serta aplikasi chatting yang banyak tersedia di internet membuat manusia bisa saling bertukar pesan berupa teks, gambar, menelepon, bahkan panggilan berupa video sehingga bisa saling bertatapan dengan lawan bicara.

  • Kemudahan Dalam Proses Jual Beli

Kemajuan teknologi di era globalisasi juga memberikan dampak positif terhadap kemudahan proses jual beli. Ini berkat adanya fitur yang disediakan oleh bank, seperti fitur m-banking dan internet banking yang memudahkan manusia untuk bertransaksi lewat perangkat elektronik untuk mentransfer sejumlah uang.

Selain itu kini telah banyak e-commerce yang bermunculan untuk menawarkan berbagai produk melalui website marketplace secara gratis. Website tersebut juga memberikan keamanan dan kenyamanan dalam transaksi jual beli online, karena beberapa di antaranya menawarkan fitur rekber (rekening bersama) yang bisa dimanfaatkan oleh penjual dan pembeli sebagai pihak ketiga. Melalui fitur ini, baik pembeli tidak perlu takut ditipu penjual karena uang yang sudah ditransfer akan ditahan di rekber dan diteruskan ke rekening penjual ketika barang sudah sampai di alamat pembeli. Begitu juga dengan penjual akan mendapatkan bukti transfer yang nyata dari pembeli, sehingga tidak akan mengalami kerugian.

  • Kemudahan Dalam Sarana Transportasi

Dampak globalisasi di bidang teknologi ternyata juga merambah ke sektor transportasi. Sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap manusia untuk beraktivitas, kehadiran transportasi kini juga sudah mengalami perkembangan yang pesat. Saat ingin melakukan perjalanan ke tempat lain, kini sudah tersedia pilihan transportasi darat, laut, dan udara.

Untuk memesan tiket perjalanan pun sudah dipermudah, tidak harus mengantri lama di loket. Anda bisa memesan tiket secara online melalui website resmi penyedia transportasi maupun layanan penjualan tiket online. Saat memesan tiket secara online Anda juga bisa mendapatkan diskon sehingga biaya perjalanan pun jadi lebih murah. Pembayaran pun hanya tinggal transfer lewat ATM ataupun menggunakan kartu kredit.

  • Kemudahan Dalam Mengakses Informasi dari Internet

Tersedianya gadget dan internet yang dimiliki oleh hampir seluruh orang di dunia tentunya memberikan kemudahan dalam mengakses informasi apapun di dunia maya. Kapan saja dan di mana saja informasi tersebut bisa diakses dengan mudah. Hal ini bisa sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Beberapa manfaat tersebut diantaranya meningkatkan pola pikir manusia, kualitas ilmu pengetahuan berkembang, serta menumbuhkan sikap toleran antar umat beragama.

Kemudahan dalam mengakses informasi juga bisa bermanfaat di bidang pendidikan. Anda bisa mempelajari berbagai hal terkait dengan pembelajaran melalui jurnal maupun website dan blog yang banyak tersedia di internet. Bila benar-benar dimanfaatkan dengan baik, diharapkan dapat memacu motivasi para pelajar untuk menambah wawasan serta mengembangkan kreativitas mereka.

  • Terciptanya Mesin Canggih untuk Mempermudah Aktivitas Manusia

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, kemajuan teknologi berdampak pada terciptanya berbagai mesin canggih yang ditujukan untuk mempermudah aktivitas manusia. Contohnya banyak terdapat pada mesin-mesin produksi yang ada di pabrik-pabrik. Keberadaan mesin canggih tersebut membantu meningkatkan produksi barang yang sebelumnya dikerjakan oleh tenaga manusia. Dengan begitu biaya produksi jadi bisa lebih ditekan, tapi produksi barang bisa dilakukan dengan cepat.

Beberapa negara maju seperti Jepang dan Amerika bahkan sudah membuat robot yang bisa membantu manusia dalam kegiatan sehari-hari. Ada juga mesin yang diciptakan untuk membantu proses evakuasi korban bencana alam yang bisa mendeteksi keberadaan korban bahkan di tempat yang sulit sekalipun.

 

Dampak Negatif

  • Tenaga Manusia Semakin Tergeser

Terciptanya mesin canggih berbasis teknologi ternyata tidak hanya membawa dampak positif tapi juga negatif. Dikarenakan lebih menguntungkan dengan adanya mesin tersebut, alhasil tenaga manusia pun sudah tidak diperlukan lagi sehingga membuat banyak buruh pabrik yang terkena PHK.

Selain itu mesin modern juga bisa menggeser peran dari barang-barang tradisional. Contohnya adalah penggunaan gerabah yang merupakan barang tradisional kini mulai ditinggalkan dan diganti dengan mesin yang lebih praktis. Permintaan produksi gerabah pun semakin menurun, sehingga dapat mengancam kegiatan ekonomi para pengrajin gerabah. Diperlukan inovasi kreatif untuk membuat kelangsungan ekonomi mereka tetap berjalan di tengah era modernisasi ini.

  • Munculnya Individualisme

Tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran gadget dan luasnya jangkauan internet bisa memunculkan sikap individualisme kepada pengguna teknologi. Individualisme diartikan sebagai suatu pandangan yang menunjukkan keegoisan seseorang dalam mementingkan hak pribadinya tanpa memperhatikan orang lain.

Mendekatkan yang jauh tapi menjauhkan yang dekat. Begitulah ungkapan yang ditujukan oleh para manusia yang kecanduan oleh gadget. Mereka sering lupa waktu karena terlalu asyik ‘bermain’ dengan gadget dan lupa untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang yang ada di dekat mereka. Bila sudah terbiasa memiliki gadget sejak kecil, maka sikap individualisme bisa tumbuh saat mereka sudah dewasa.

  • Kejahatan Dunia Maya Marak Terjadi

Kejahatan dunia maya atau lebih dikenal dengan sebutan cybercrime semakin meningkat akibat dari arus globalisasi di bidang teknologi yang kian meningkat. Kemajuan teknologi disalahgunakan oleh orang jahat untuk mencari keuntungan. Masalah ini menjadi hal yang perlu diperhatikan bagi seluruh negara di dunia. Ada beragam jenis cybercrime yang umum terjadi, diantaranya penipuan jual beli online, transaksi narkoba, pembajakan situs web, pencurian data, pencurian uang di rekening, hingga pemanfaatan teknologi oleh jaringan teroris.

Untuk menangani masalah ini diperlukan peran dari pemerintah serta semua warga negara. Pemerintah perlu menciptakan sistem untuk menangkal dan menindak tegas pelaku kejahatan dunia maya, sedangkan warga negara perlu melaporkan jika terjadi tanda-tanda atau tindak kriminal yang sudah dilihatnya. Waspadalah dan selalu menjaga keamanan barang pribadi Anda.

  • Masuknya Budaya Baru yang Buruk

Keberadaan internet dan televisi bisa membuat budaya baru masuk dengan mudah ke suatu negara. Beberapa diantaranya ada yang baik, tapi ada juga yang buruk dan tidak sesuai dengan budaya asli di negara tersebut. Sebut saja gaya berbusana yang terlalu minim dan tidak sesuai dengan norma ketimuran bisa mempengaruhi bangsa di negara tersebut untuk menirunya. Selain itu ada juga berbagai kebiasaan minum minuman keras atau berjudi yang sangat bertentangan dengan budaya Indonesia. Tentunya semua itu bisa merusak moral bangsa jika tidak diambil tindakan pencegahan yang tepat.

  • Ketergantungan Teknologi

Teknologi memang memberikan kemudahan bagi aktivitas manusia di berbagai bidang, tapi penggunaannya yang berlebihan juga bisa berdampak buruk. Manusia bisa mengalami ketergantungan terhadap teknologi karena terlalu terlena dengan fitur-fitur canggih yang diberikan.

Sebagai contoh keberadaan smartphone yang membawa banyak fitur canggih membuat manusia lupa waktu saat memainkannya. Jika sudah ketergantungan dengan smartphone, maka manusia akan semakin malas untuk melakukan interaksi sosial secara langsung terhadap orang-orang di dekatnya. Mereka lebih asyik berkomunikasi dengan teknologi pada smartphone. Selain itu mereka juga akan malas untuk bergerak saat sudah tenggelam dengan teknologi yang digenggamnya, sehingga membuat badan kurang aktif dan mudah sakit. 

Itulah dampak globalisasi di bidang teknologi di era digital ini. Keberadaan teknologi memang sangat baik bagi manusia, tapi harus disikapi dengan bijak supaya tidak menimbulkan efek negatif yang malah merusak manusia itu sendiri.

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan


Instagram

BAKTI KOMINFO

BAKTI KOMINFO

Follow


Gedung Menara Merdeka, Lt.9, Jalan Budi Kemuliaan 1 No.2, RT.2/RW.3, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
Tlp. (021) 31936590 FAX (021)31927516
1 500 876 (USO)


2019 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy