Pengumuman

PENGERTIAN STREAMING SERTA JENIS DAN PENERAPANNYA

Pengertian Streaming serta Jenis dan Penerapannya

Pada era media digital seperti sekarang ini, rasa-rasanya istilah streaming tak lagi asing di telinga Anda semua, bukankah begitu? Ketika melihat konten yang ada di media sosial, Anda bisa dengan mudah mengklik konten tersebut dan secara otomatis akan dimainkan, tanpa Anda perlu melakukan pengunduhan terlebih dahulu. Lalu sebenarnya secara mendasar, apa pengertian dari streaming sendiri?

Terdapat beberapa pengertian streaming yang dapat dipahami, ada yang mengatakan bahwa streaming adalah proses pengiriman konten baik audio atau video yang dikirim dalam bentuk yang sudah terkompres melalui internet, yang kemudian dimainkan secara langsung tanpa harus melakukan pengunduhan terlebih dahulu.

Ada juga yang mendefinisikan streaming sebagai proses mengalirkan atau mentransfer data dari server kepada host dimana data yang ditransfer merepresentasikan informasi yang haru disampaikan secara langsung. Data yang dikirimkan melalui proses ini berupa video, audio, grafik, web tours atau aplikasi real time lain.

Pengertian Streaming secara Umum

Dari dua definisi tadi, dapat dikatakan bahwa streaming adalah proses transfer data atau informasi dari satu pengguna ke pengguna lain, baik secara langsung atau melalui aplikasi tertentu, yang sifatnya tidak perlu melakukan pengunduhan dan akan secara langsung ditampilkan untuk data yang sudah berhasil dipindahkan.

Jadi ketika Anda menggunakan media sosial seperti YouTube atau Instagram, Anda tidak perlu melakukan pengunduhan untuk menyaksikan video yang ada pada platform tersebut. Cukup dengan mengklik video yang akan disaksikan, dan secara langsung Anda akan dapat menikmati video tersebut secara bertahap sesuai dengan kecepatan transfer data yang dimiliki.

Streaming sendiri kini juga tak hanya dimanfaatkan pada media baru seperti YouTube dan Instagram, melainkan juga radio-radio modern yang mengandalkan jaringan internet untuk mengudara. Tidak sedikit yang kemudian memanfaatkan keberadaan radio online ini untuk mencari informasi berupa berita terkini atau sekedar konten hiburan yang dapat menemani ketika di perjalanan.

Jenis Streaming yang Kini Digunakan

Jika dilihat dari jenisnya, setidaknya ada 2 macam streaming yang digunakan oleh masyarakat saat ini. Pertama adalah Prerecord Streaming dan kedua adalah Live Streaming. Tentu terdapat perbedaan pada kedua jenis streaming ini.

Prerecord Streaming

Jenis yang pertama ini dijalankan dengan terlebih dahulu merekam video atau konten yang akan disiarkan, kemudian menyimpannya pada media tertentu (bisa media online atau media fisik seperti hardisk). Setelah disimpan, baru kemudian host dapat melakukan akses pada konten tersebut jika akses diberikan secara bebas oleh pemilik konten.

Live Streaming

Sedikit berbeda dengan Prerecord Streaming, Live Streaming dilakukan dengan konsep kerja seperti siaran langsung pada televisi. Artinya, pemilik konten melakukan kegiatan perekaman pada suatu konten dan secara langsung disiarkan pada media yang dimilikinya. Nantinya host dapat melihat secara langsung setiap detik yang dilalui oleh pemilik konten tersebut, sehingga engagement yang terjalin dapat lebih erat.

Penerapan Streaming Di Era Kekinian

Dalam era kekinian, streaming sendiri dapat menjadi satu cara penyiaran atau publikasi yang lebih efektif karena menghemat waktu dan dapat membuat host atau penonton merasa lebih terkait dengan pembuat konten. Bayangkan jika Anda harus mengunduh semua konten yang akan Anda lihat terlebih dahulu, akan berapa banyak waktu dan paket data yang Anda habiskan dalam proses tersebut?

Meski streaming memiliki kesan mengkonsumsi banyak data, nyatanya cara ini dipilih oleh sebagian besar masyarakat untuk menikmati konten dari berbagai media baru. Hal ini dikarenakan dengan melakukan streaming, host dapat menyaksikan konten apapun tanpa perlu menunggu proses pengunduhan, yang disatu sisi akan menghabiskan waktu dan di sisi lain akan menghabiskan media penyimpanan.

Streaming sendiri banyak digunakan oleh tokoh publik untuk menyiarkan kegiatannya secara langsung, atau mendokumentasikan kegiatannya dalam format tertentu yang dapat dilihat lagi di lain waktu. Penerapan streaming yang paling terasa mungkin adalah pada industri esports, dimana hampir setiap turnamen yang diadakan akan disiarkan secara langsung pada media yang dipilih agar dapat dinikmati oleh penggemarnya.

 

Bayangkan jika tanpa streaming, pihak pengelola turnamen harus mendapatkan slot pada siaran televisi dan harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk proses ini. Dengan penyiaran pada media-media streaming seperti Twitch dan YouTube, turnamen dapat dengan cepat disiarkan dan mendapatkan penonton yang cukup besar dalam waktu singkat. Ini akan berkaitan langsung dengan keberadaan iklan dan berbagai sponsor yang mendukung turnamen tersebut.

Memahami pengertian streaming agaknya menjadi satu nilai tambah yang dapat ditawarkan artikel ini. Selain merupakan konsep teknologi kekinian, streaming juga dapat benar-benar bermanfaat untuk Anda yang tengah memerlukan publikasi atau media penyiaran ekonomis. Dengan cara ini setidaknya Anda akan dapat menyiarkan apapun bisnis yang Anda miliki pada konsumen secara langsung sehingga dapat mendukung pengembangan usaha Anda.

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan


Instagram

BAKTI KOMINFO

BAKTI KOMINFO

Follow


Gedung Menara Merdeka, Lt.9, Jalan Budi Kemuliaan 1 No.2, RT.2/RW.3, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
Tlp. (021) 31936590 FAX (021)31927516


2021 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy