Pengumuman

PENTINGNYA PERANGKAT PROSES PADA SEBUAH KOMPUTER, KENAPA DEMIKIAN?

Pentingnya Perangkat Proses pada Sebuah Komputer, Kenapa Demikian?

Perangkat proses adalah komponen pada komputer yang berfungsi dan berperan penting pada proses olah data yang diberikan oleh perangkat input untuk selanjutnya menjadi data yang diinginkan yang ditampilkan pada perangkat output. Macam dari perangkat proses sendiri ada banyak seperti motherboard, power supply, memory RAM, VGA dan soundcard.

Dalam perangkat komputer terdapat beberapa komponen penting. Komponen-komponen tersebut terdiri dari perangkat input, perangkat proses dan perangkat output. Perangkat proses adalah perangkat yang sangat penting untuk dapat memperoleh output yang sesuai dengan keinginan. Seberapa pentingkah perangkat proses pada komputer ini? Untuk tahu jawabannya, mari simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Perangkat Proses? Mengapa Sangat Penting?

Sama halnya dengan perangkat input dan output, perangkat proses juga berwujud perangkat keras. Hal yang membedakannya adalah, perangkat proses berfungsi dan berperan penting pada proses olah data yang diberikan oleh perangkat input untuk selanjutnya menjadi data yang diinginkan yang ditampilkan pada perangkat output. Jadi dengan kata lain, perangkat proses ini saling berkaitan dan bergantung satu sama lain dengan perangkat input dan output. Proses pengolahan data sendiri dilakukan oleh processor selaku perangkat proses utama yang juga disamakan dengan otak komputer. Processor ini dapat bekerja dengan acuan ALU atau Aritmatika dan Logika Unit.

 

Perangkat proses dianggap sangat penting karena menjadi indikator performa komputer yang baik. Semakin tinggi spesifikasi yang ada pada suatu komputer, maka semakin cepat pula proses data yang dapat dilakukan oleh sebuah komputer. Jika tidak ada perangkat proses pada sebuah komputer, maka Anda tidak bisa melakukan olah data sesuai yang diinginkan. Selain processor, terdapat perangkat proses lainnya yang harus Anda tahu. Diantaranya adalah CPU, motherboard, memory RAM, power supply, VGA dan sound card.

Macam-macam Perangkat Proses

Sebelumnya telah disinggung bahwa selain processor, perangkat proses ada banyak macamnya. Berikut ini akan diuraikan tentang macam-macam perangkat proses yang berperan penting dalam proses pengolahan data beserta fungsi-fungsinya yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut informasinya :

  1. Motherboard

Motherboard pada intinya berperan dalam mengatur lalu lintas data. Selain itu, motherboard jugalah yang mengendalikan kinerja komponen lain yang terpasang di dalamnya. Motherboard juga yang bertanggung jawab pada pendistribusian daya listrik ke setiap komponen komputer. 

  1. CPU/ Central Processing Unit

CPU adalah perangkat proses selanjutnya yang terpasang pada motherboard. CPU merupakan otak utama pada sebuah komputer dan memegang peranan utama dalam proses olah data dan menjalankan perintah komputer. CPU yang umum dipakai pada perangkat komputer biasanya adalah Intel dan AMD.

  1. Power Supply

Power Supply adalah perangkat proses berikutnya yang berfungsi untuk merubah arus AC menjadi arus DC dan mensuplai tegangan ke perangkat keras komputer seperti motherboard, harddisk, floppy disk dan CD ROM. Power supply sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu power supply jenis AT dan power supply jenis ATX.    

  1. Memory RAM                                                                                                                                                                               

Memory RAM adalah perangkat proses yang berfungsi sebagai media penyimpanan pada komputer. Besar kecilnya kapasitas memory RAM sangat berpengaruh pada kecepatan akses komputer. Jadi semakin besar kapasitas RAMnya maka semakin cepat pula akses komputer yang didapat. Kapasitas RAM sendiri dimulai dari ukuran 128MB, 256MB, 512MB, 1GB, 2GB dan 3GB. sedangkan jenisnya sendiri terdiri dari SDRAM, EDORAM, DDRAM, RDRAM.

  1. VGA / Video Graphic Adapter

VGA erat kaitannya dengan data grafis pada sebuah komputer. VGA ini sangat penting terutama bagi mereka yang berkecimpung di dunia editor video dan games. Jika Anda menginginkan visual grafis yang berkualitas tinggi, maka VGA adalah perangkat utama yang harus menjadi perhatian Anda. Dengan kata lain semakin tinggi spesifikasi dari video graphic adapter maka kualitas gambar yang akan ditampilkan oleh komputer akan semakin baik.

  1. Soundcard

Soundcard adalah perangkat proses pada komputer yang mengolah data-data audio atau suara. Soundcard memungkinkan Anda untuk melakukan baik input data suara atau mendapatkan output data berupa suara.

Perangkat proses pada komputer sama pentingnya dan saling bergantung satu sama lain dengan perangkat input dan perangkat output. Perangkat proses besar peranannya dalam kegiatan pengolahan data sehingga didapatkan hasil data yang diinginkan. Sebagian besar dari Anda mungkin menganggap perangkat proses hanya sebatas CPU saja, nyatanya macam dari perangkat proses sendiri ada banyak seperti motherboard, power supply, memory RAM, VGA dan soundcard.

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan


Instagram

BAKTI KOMINFO

BAKTI KOMINFO

Follow


Centennial Tower Lantai 42 Jl. Gatot Subroto No.Kav. 24-25, RT.2/RW.2, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930
Tlp. (021) 31936590 FAX (021)31927516


2022 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy