Pengumuman

SEKILAS TENTANG TEKNOLOGI RFID, ALAT IDENTIFIKASI YANG BANYAK DIPAKAI OLEH PERUSAHAAN

Sekilas Tentang Teknologi RFID, Alat Identifikasi yang Banyak Dipakai oleh Perusahaan

Saat ini RFID banyak digunakan oleh perusahaan untuk keperluan identifikasi karyawan dan aset perusahaan. RFID juga dipakai di, supermarket untuk identifikasi saat belanja barang. Kehidupan yang ada sekarang semakin hari semakin canggih. Sentuhan teknologi selalu ada di sekitar Anda dimanapun berada. Proses identifikasi pada suatu perusahaan untuk keperluan aset, karyawan dan yang lainnya juga menggunakan teknologi yang disebut RFID. Selain pada perusahaan, RFID juga banyak digunakan untuk identifikasi di supermarket dan juga rumah sakit. Lalu sebenarnya teknologi seperti apakah RFID tersebut? Jika Anda ingin mengetahuinya, informasinya bisa Anda baca melalui artikel berikut ini.

Sekilas Tentang RFID

RFID adalah singkatan dari Radio Frequency Identification. RFID adalah suatu teknologi yang digunakan untuk melakukan identifikasi dan pengambilan data dengan menggunakan barcode atau magnetic card. Metode identifikasinya menggunakan sarana yang disebut label RFID yang berfungsi untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label RFID pada prakteknya dapat disematkan dalam suatu produk, hewan bahkan manusia. Proses identifikasi pada RFID dapat terjadi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Oleh sebab itu proses identifikasi RFID membutuhkan dua perangkat yaitu tag dan reader agar dapat berfungsi dengan baik.

RFID tag adalah alat yang menempel pada benda yang akan diidentifikasi oleh RFID reader. RFID tag terdiri dari 2 jenis yaitu aktif dan pasif. Tag pasif dapat digunakan tanpa harus memakai baterai sedangkan tag aktif memerlukan baterai untuk bisa dioperasikan. RFID tag berisi suatu tag unik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Selain itu, informasi yang tersimpan pada suatu benda atau objek yang terhubung pada tag hanya terdapat pada sistem atau database yang dihubungkan ke RFID reader.

RFID reader sendiri adalah alat yang mampu membaca RFID tag. RFID reader juga terdiri dari RFID reader pasif dan RFID reader aktif. RFID reader pasif mampu menjangkau sampai dengan 600 meter. Namun, reader pasif hanya mampu menerima sinyal radio dari tag aktif. Sedangkan reader aktif dapat memancarkan sinyal interogator ke tag dan menerima balasan autentikasi dari tag. Selain itu sinyal interogator juga dapat berfungsi sebagai sumber daya tag pasif.

Penggunaan dan Aplikasi RFID dalam Kehidupan

RFID banyak diminati karena memiliki beberapa keunggulan. Label atau tag dapat dibaca jika melewati dekat pembaca label, bahkan dalam keadaan tertutup oleh objek lainnya. Selain itu, label dapat dibaca dalam suatu wadah, karton dan kotak. Hebatnya lagi, label RFID dapat sekaligus membaca ratusan pada satu waktu. Saat ini RFID banyak digunakan oleh perusahaan untuk keperluan identifikasi karyawan dan aset perusahaan. RFID juga dipakai di, supermarket untuk identifikasi saat belanja barang. Selain itu, RFID dapat digunakan di mobil untuk identifikasi penggunaan BBM bersubsidi. RFID juga juga untuk pembayaran toll tanpa kontak langsung. Di bandara, RFID juga dipakai untuk keperluan pelacakan bagasi.

Demikian informasi yang dapat Anda baca perihal RFID. Melalui artikel diatas, Anda jadi tahu pengertian dari RFID serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi tentang RFID tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda semua.

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan



Centennial Tower Lantai 42 Jl. Gatot Subroto No.Kav. 24-25, RT.2/RW.2, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930
Tlp. (021) 31936590 FAX (021)31927516

2024 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy