Pengumuman

SISTEM PAYMENT GATEWAY, PENGAMAN TRANSAKSI ONLINE

Sistem Payment Gateway, Pengaman Transaksi Online

Dalam transaksi belanja elektronik, pembayaran menggunakan cara virtual kini banyak digunakan. Cara ini dirasa lebih efektif, karena transaksi belanja elektronik biasanya dilakukan juga untuk menghemat waktu. Salah satu sistem yang kemudian populer digunakan disebut dengan Payment Gateway. Lalu apa yang dimaksud dengan payment gateway ini?

Secara definitif, istilah payment gateway dapat dipahami sebagai sebuah sistem transaksi online yang berperan dalam mengotorisasi proses pembayaran digital, baik dengan menggunakan kartu debit, kartu kredit, transfer bank atau pembayaran langsung lain. Sistem ini menjadi populer karena dapat memberikan jaminan pada keamanan identitas nomor pembayaran atau identitas konsumen dalam proses transaksi yang terjadi.

Secara analogi, sistem ini merupakan perantara yang dapat ‘membaca’ kombinasi angka yang dimasukkan, seperti nomor kartu kredit dan metode pembayaran lain, memverifikasinya pada penyedia atau penerbit kartu yang digunakan, kemudian memberikan konfirmasi pada penjual bahwa pembayaran telah dilakukan. Jika sukses, maka informasi ini akan dikembalikan pada pembeli dalam bentuk konfirmasi pula.

Proses ini berlangsung dalam hitungan detik saja, sehingga dapat dikatakan sebagai proses real-time. Dalam hitungan detik, Anda bisa melakukan pembayaran pada barang yang Anda beli, dan transaksi tersebut kembali lagi pada Anda sebagai pemberitahuan setelah melalui proses verifikasi dari penerbit kartu dan penjual.

Fungsi Utama

Jika berbicara mengenai fungsi, mungkin akan lebih tepat jika disampaikan secara detail mengenai mekanisme kerja dari payment gateway itu sendiri. Dengan melihat runtutan mekanisme kerjanya, Anda akan dapat mengetahui apa sebenarnya fungsi utama dari sistem ini.

  • Pertama yang terjadi adalah ketika Anda berbelanja di e-commerce, Anda akan memutuskan untuk membeli sesuatu, dan melanjutkan pada proses pembayaran.
  • Kedua, Anda akan memasukkan metode pembayaran yang akan Anda gunakan, biasanya pada e-commerce menyediakan beberapa pilihan. Pilihan metode ini bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda.
  • Setelah memilih metode pembayaran, transaksi ini akan masuk dan diproses pada payment processor untuk diverifikasi oleh penerbit kartu yang Anda gunakan.
  • Setelah itu, penerbit kartu akan menerima permintaan transaksi dan mengirimkan balasan dengan kode tertentu, yang menandakan apakah transaksi tersebut berhasil atau gagal.
  • Ketika berhasil, maka payment processor akan mengirimkan pesan ke payment gateway dan diteruskan pada pembeli, dalam hal ini Anda, dan menjadi pesan berupa pernyataan transaksi berhasil dilaksanakan.
  • Di waktu yang sama, penjual juga akan menerima pemberitahuan serupa, bahwa barang sudah dibayar dan proses transaksi dapat dilanjutkan.

Dari serangkaian proses tersebut, dapat dilihat bahwa payment gateway merupakan jembatan serta sistem yang mengidentifikasi pembayaran yang digunakan oleh Anda. Fungsi ini yang menjadi penting, karena sekaligus bertugas sebagai pihak yang melakukan verifikasi dan otorisasi pada transaksi yang dilakukan serta metode pembayaran yang digunakan.

Keuntungan Penggunaan Payment Gateway

Jika berbicara mengenai keuntungan, tentu akan dapat dilihat dari dua sisi, yakni sisi pembeli dan penjual.

Untuk sisi pembeli, keuntungan yang didapatkan adalah Anda dapat melakukan transaksi tanpa perlu membuka website pihak ketiga dalam proses transaksi tersebut. Cukup dengan menggunakan metode pembayaran yang disediakan, transaksi Anda dapat diproses saat itu juga. Selain itu, transaksi jual-beli yang dilakukan juga akan lebih mudah, aman dan cepat.

Dari sisi penjual, verifikasi pembayaran dapat dilakukan dengan lebih cepat sehingga proses jual beli juga dapat berjalan lebih praktis. Selain itu, dengan menggunakan payment gateway data kartu kredit yang digunakan juga akan lebih terlindungi karena akan dilakukan enkripsi ketika pembeli melakukan transaksi, ini tentu akan memberikan jaminan keamanan pada kedua pihak secara bersamaan.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan adalah penjual tak perlu menyediakan berbagai rekening untuk pembayaran yang dilakukan. Payment gateway akan dapat mengidentifikasi penerbit kartu mana yang digunakan, dan melakukan transfer antar bank secara otomatis, lengkap dengan biaya layanan yang akan terpotong secara langsung. Keamanan juga akan lebih terjamin karena sistem ini memiliki fraud detection, yang memungkinkan Anda mengidentifikasi penggunaan kartu kredit palsu atau pembayaran palsu sehingga dapat merugikan Anda sebagai penjual.

 

Keberadaan sistem otorisasi seperti payment gateway nyatanya dapat benar-benar membantu meningkatkan efektivitas transaksi elektronik yang dilakukan. Meski terdapat biaya layanan yang dibebankan, besarnya tidak seberapa dan sistem ini tetap digunakan. Sistem ini sudah terbukti dapat meningkatkan minat belanja, serta dapat melindungi data kartu kredit atau debit yang digunakan sebagai cara pembayaran.

Pada akhirnya, payment gateway juga merupakan salah satu teknologi kreatif yang dikembangkan untuk memudahkan transaksi yang dilakukan pada e-commerce. Dengan adanya sistem ini, penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan karena transaksi dapat berjalan lebih efektif, aman, terjamin dan dengan biaya yang jauh lebih kecil daripada sistem lain. Faktor keamanan, menjadi faktor terbesar dalam pertimbangan penggunaan sistem ini.

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan



Centennial Tower Lantai 42 Jl. Gatot Subroto No.Kav. 24-25, RT.2/RW.2, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930
Tlp. (021) 31936590 FAX (021)31927516

2023 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy