Pengumuman

TEKNIK KOMPRESI DATA DAN JENIS-JENISNYA YANG PERLU ANDA KETAHUI

Teknik Kompresi Data dan Jenis-jenisnya yang Perlu Anda Ketahui

Dalam ilmu komputer dikenal istilah yang bernama kompresi data. Kegiatan kompresi data dilakukan bagi Anda yang ingin memperoleh data dengan ukuran yang lebih kecil dari data aslinya. Kompresi data ini ternyata terdiri dari beberapa jenis. Untuk mengetahui informasi tentang kompresi data secara mendalam, Anda bisa menyimaknya pada artikel di bawah ini. Berikut penjelasannya :

Definisi Kompresi Data

Kompresi data adalah sebuah teknik pada ilmu komputer untuk mengecilkan ukuran data. Banyak orang juga menyebut hal ini dengan memampatkan data. Jadi , data yang ada dimampatkan menjadi lebih kecil dari ukuran sebenarnya dengan tujuan menghemat ruang penyimpanan. Apabila kompresi data dilakukan, otomatis Anda hanya membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih kecil. Selain dinilai lebih efisien, kompresi data juga mempercepat waktu pertukaran data.

Jika Anda masih bingung dengan penjelasan diatas coba simak contoh berikut ini. Contoh yang paling sering dijumpai adalah menyingkat kata-kata umum yang sering digunakan seperti “yang” menjadi “yg”. Kompresi data dianggap satu hal yang penting karena selain mempercepat proses pertukaran data juga mengecilkan kebutuhan bandwidth. Kompresi data bahkan tidak hanya berlaku untuk teks saja, melainkan gambar (JPEG, PNG, TIFF), audio (MP3, AAC, RMA, WMA) dan juga video (MPEG, H261, H263).

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar kompresi data ini dapat berjalan dengan lancar. Pengiriman data hasil kompresi hanya dapat dilakukan apabila pengirim dan penerima mempunyai aturan yang sama dalam kompresi data. Selain itu pengirim juga harus menggunakan algoritma kompresi data yang baku dan pihak penerima pun memakai teknik dekompresi data yang sama dengan pengirim agar data dapat terbaca.

Jenis-jenis Kompresi Data

Setelah mengetahui dan memahami arti dari kompresi data, Anda juga harus tahu jenis-jenis dari kompresi data. Terdapat dua jenis kompresi data yaitu Loseless Data Compression dan Lossy Data Compression. Berikut uraiannya :

  • Loseless Data Compression

Loseless Data Compression adalah teknik kompresi data dimana data kompresi dapat didekompres kembali. Selain itu hasil kompresi data yang dihasilkan sama persis seperti data asli sebelum dilakukan kompresi. Contoh dari Loseless Data Compression adalah ZIP, RAR dan 7-ZIP. Pemakaian Loseless Data Compression biasanya untuk akurasi data yang sangat penting seperti data teks, data program dan Image (PNG, GIF).

  • Lossy Data Compression

Lossy Data Compression adalah teknik pemampatan data yang hasilnya tidak sama dengan data aslinya, namun tidak menjadikannya masalah. Teknik Lossy Data Compression ini contohnya adalah MP3, Streaming Media, JPEG, MPEG dan WMA. Penggunaan teknik Lossy Data Compression data ini dinilai lebih efisien dibandingkan dengan Loseless Data Compression. Alasannya yaitu teknik Lossy Data Compression hanya membuang bagian-bagian data yang kurang penting. Oleh sebab itu data yang dihasilkan masih bisa digunakan meskipun beberapa bagian dari data aslinya ada yang dihilangkan.

Demikian penjelasan singkat mengenai kompresi data yang bisa Anda simak. Melalui artikel diatas Anda jadi paham tentang makna kompresi data serta membedakan dua jenis kompresi data. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda semua.

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan



Centennial Tower Lantai 42 Jl. Gatot Subroto No.Kav. 24-25, RT.2/RW.2, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930
Tlp. (021) 31936590 FAX (021)31927516

2024 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy