Pengumuman

WEB BROWSER SERUPA DENGAN MESIN PENCARIAN, BENARKAH ITU? PENJELASAN DAN 9 WEB BROWSER PALING POPULER

Web Browser Serupa dengan Mesin Pencarian, Benarkah Itu? Penjelasan dan 9 Web Browser Paling Populer

Mencari informasi melalui internet, merupakan cara paling banyak digunakan oleh manusia modern dalam rangka memperkaya dirinya dengan data dan pengetahuan. Proses ini, memerlukan apa yang disebut dengan web browser. Web browser adalah aplikasi atau program yang dapat melakukan penjelajahan dan menyajikan konten yang ada pada berbagai sumber di jaringan internet yang sudah tersedia.

Beberapa orang masih tidak dapat menyediakan web browser dan search engine. Secara mendasar, web browser adalah aplikasi yang digunakan, sedangkan search engine lebih kepada layanan yang disediakan. Misalnya, web browser yang digunakan adalah Google Chrome, sedangkan search engine yang digunakan adalah Google, dan semacamnya.

Setelah melihat dan mengetahui definisi web browser dan perbedaannya dengan search engine, tentu Anda sudah sedikit dapat memetakan apa-apa saja yang termasuk dalam web browser bukan? Untuk memperjelasnya, Anda bisa melihat beberapa daftar di bawah ini.

Google Chrome

Web browser yang satu ini, dapat dikatakan, adalah web browser terbesar yang kini paling banyak digunakan oleh publik di dunia maya. Menurut data terkini, hampir sebanyak 60% pengguna internet menggunakan web browser ini untuk membantu mereka menemukan informasi. Memiliki kecepatan yang tinggi sertai interface yang teraktif sehingga memberikan penawaran pengalaman konsumen yang sangat baik.

Opera

Kedua adalah Opera. Salah satu web browser yang juga banyak digunakan ini memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya pilihan konsumen untuk digunakan. Diantaranya adalah kecepatan tinggi sehingga meningkatkan efisiensi penggunaan paket data yang ada. Data yang dihemat jumlahnya cukup besar, yakni 14% lebih rendah daripada Google Chrome. Selain itu, browser ini juga memiliki fitur ad blocker yang membuat pengguna semakin nyaman berselancar di internet.

Microsoft Edge

Browser yang merupakan produk dari perusahaan Microsoft ini hadir dengan keunggulan yang terletak pada sisi fungsi dan estetika, kesan berkelas dan dinamis sangat lekat dengan browser yang satu ini. Ketika dikembangkan memiliki nama Porject Spartan, yang kemudian diadaptasi oleh pengembangnya menjadi nama yang sekarang ini digunakan.

Mozilla Firefox

Nama yang sudah cukup dikenal di kalangan pengguna internet, menjadi salah satu web browser yang aman dan dilengkapi dengan berbagai add on fungsional yang dapat membantu aktivitas pencarian yang Anda lakukan. Ukuran aplikasinya cukup ringkas, hanya sebesarr 4,7 MB saja. Disamping itu, browser ini juga dapat dikonfigurasikan dengan dinamis sehingga menjadi pilihan banyak orang.

Internet Explorer

Lambang huruf e dengan lengkungan kuning yang sangat ikonik, aplikasi yang satu ini secara resmi dihentikan operasional dan pengembangannya pada tahun 2015. Namun demikian hingga saat ini Internet Explorer masih dapat digunakan dengan normal pada berbagai perangkat. Dapat dikatakan, browser yang satu ini merupakan dasar dari semua web browser yang kini ada dan digunakan.

TOR atau The Onion Router

Web browser ini mengedepankan keamanan pengguna, karena Anda dijamin memiliki status anonim ketika masuk dan menggunakan aplikasi ini. Salah satu fitur unggulan lain adalah adanya fitur tracker blocking, yang memungkinkan cookies terhapus secara otomatis ketika browser ditutup sehingga tidak ada rekam jejak apapun dalam browser ini.

Vivaldi

Merupakan produk ‘anakan’ dari Opera karena dikembangkan oleh perusahaan yang berada di bawah naungan CEO yang memiliki web browser Opera. Kelebihan dari Vivaldi sendiri adalah dapat dioperasikan melalui keyboard karena memiliki fitur Quick Command.

Safari

Bagi Anda pengguna produk Apple, pasti tidak asing lagi dengan web browser yang satu ini. Safari merupakan web browser milik Apple yang menjadi aplikasi standar brand tersebut. Pengolahan data yang dilakukan pada browser ini lebih cepat dengan inovasi terbarunya dan pengelolaan aplikasi Java juga akan jadi lebih cepat.

UC Browser

Web browser rilisan perusahaan raksasa asal Tiongkok, Alibaba Group, dikenal luas karena aktivitas promosinya yang cukup masif beberapa waktu belakangan ini. Keunggulan utama dari browser ini terletak pada kualitas video yang diberikan karena berada di atas rata-rata. Untuk meyakinkan konsumennya, UC Browser bahkan memiliki format video sendiri, yakni VP9 Codec.

 

Tentu masih banyak lagi web browser yang ada di dunia ini, dari yang berukuran kecil hingga besar, yang memiliki pengguna masif hingga sangat segmented. Pada dasarnya setiap web browser memiliki fungsi yang sama, hanya yang membedakan adalah fitur internal yang ditawarkan dan beberapa detil lain yang akan Anda pahami jika dicermati lebih lanjut.

Hingga saat ini, web browser adalah aplikasi yang paling sering digunakan dalam rangka pencarian informasi. Sedikit atau banyak, performa dari web browser yang Anda gunakan akan berpengaruh pada produktivitas yang Anda miliki. Semakin nyaman Anda dengan aplikasi yang digunakan idealnya produktivitas akan semakin tinggi dan optimal.

 

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan



Centennial Tower Lantai 42 Jl. Gatot Subroto No.Kav. 24-25, RT.2/RW.2, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930
Tlp. (021) 31936590 FAX (021)31927516

2023 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy