Layanan

PENYEDIAAN BTS

Download

Penyediaan Base Transceiver Station (BTS) di Wilayah Blankspot Telekomunikasi merupakan salah satu program Universal Service Obligation (USO) yang dilaksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI). Program ini, yang menjangkau wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal), merupakan salah satu strategi Kementerian Komunikasi dan Informatika/BP3TI dalam mengurangi kesenjangan telekomunikasi. Pelaksanaan strategi tersebut adalah penyediaan layanan seluler telefoni dasar di daerah yang belum mendapatkan sinyal selular. Program ini merupakan bagian dari Rencana Strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2015-2019, di mana Kementerian Kominfo memiliki tugas menjamin konektivitas broadband nasional melalui Universal Service Obligation. Sampai dengan Oktober 2016, terdapat 21 BTS yang telah on-air di wilayah blankspot telekomunikasi sepanjang perbatasan Indonesia.

Tujuan Penyediaan Base Transceiver Station (BTS) di Wilayah Blankspot Telekomunikasi adalah langkah pemenuhan kewajiban Negara terhadap masyarakat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap akses telekomunikasi dan informatika, memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, serta memperkuat ketahanan nasional. Hal ini sejalan dengan Program Nawacita yang telah dicanangkan oleh Presiden RI, terutama pada butir ke-3, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Model Bottom-up usulan lokasi Penyediaan Base Transceiver Station (BTS) di Wilayah BlankspotTelekomunikasi dari Pemerintah Daerah merupakan langkah yang dianggap strategis agar penyediaan yang dilakukan oleh BP3TI dapat terlaksana dengan tepat sasaran dan tepat guna. Selain memberikan usulan lokasi, pemerintah daerah juga wajib mempersiapkan lahan dan meminjam-pakaikan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika. Target pembangunan Penyediaan Base Transceiver Station (BTS) di Wilayah Blankspot Telekomunikasi pada tahun anggaran 2015 s.d. tahun 2019 berdasarkan Rencana Strategis Kementerian Kominfo Tahun 2015–2019 yaitu sebanyak 575 BTS.

(0) Komentar

Tinggalkan Balasan


Instagram @bp3tikominfo
Wisma Kodel Lt.6 - Jalan H.R. Rasuna Said Kav B4, Jakarta- Selatan 12920
(021)31927516
1 500 876 (USO)


2018 all Rights Reserved Terms of use and Privacy Policy